Brapa Cangkir Anda Minum Kopi Dalam Sehari ?

0
437
images : foody.id

Ternyata minum empat cangkir sehari tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Hal tersebut diutarakan oleh sejumlah ilmuwan yang telah meninjau lebih dari 740 studi tentang efek kafein pada manusia.

Temuan ini juga berlaku untuk wanita hamil yang mengkonsumsi 300 mgkopi atau setara dengan tiga cangkir.

“Selama jumlah ini tidak dilanggar, maka tidak perlu khawatir dengan konsumsi kopi,” kata periset.

Meski terdapat beberapa penelitian menyebutkan bahwa kafein dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak, zat psikoaktif tersebut telah lama dikaitkan dengan penyakit jantung dan demensia.

Zat psikoaktif yang paling banyak digunakan di dunia ini juga diketahui menyebabkan dan memperburuk kecemasan.

Untuk mencoba dan menentukan pengaruhnya terhadap kesehatan, para peneliti melakukan tinjauan terhadap penelitian yang diterbitkan antara tahun 2001 dan 2015.

Peneliti meninjau lima efek samping kafein pada kesehatan diantaranya toksisitas akut, tulang, jantung, otak dan reproduksi.

enulis utama Dr Eric Hentges, direktur eksekutif International Life Sciences Institute (ILSI), mengatakan: “Ini memberikan bukti bahwa kita memahami lebih jauh tentang kafein terhadap kesehatan manusia”.

Penemuan ini memberikan sejumlah data penelitian dan bukti berharga untuk mendukung pengembangan dan pelaksanaan penelitian terhadap manfaat kafein di masa depan yang akan berdampak pada kesehatan masyarakat.

“Kami menyimpulkan bahwa kadar asupan kafein yang sebelumnya ditetapkan pada konsumen kafein yang sehat (400mg) tidak terkait dengan efek samping yang terang-terangan,” kata Hentges. (mia/pojoksatu/jpnn.com)

LEAVE A REPLY