Vietnam Drip. (Photo by mada/cepamagz)
Kasus pembunuhan Mirna telah membawa kita semua mengenal istilah Vietnam Drip, dan kebetulan sebelum meninggal dunia, Mirna diindikasikan sebelumnya meminum kopi vietnam drip.

Perlu diketahui bersama, Vietnam Drip adalah cara penyajian minuman kopi dengan alat penyaring yang secara umum banyak digunakan di negara Vietnam.  Kopi bubuk ditempatkan disebuah wadah dari bahan metal dan dibawahnya ditempatkan sebuah gelas kosong, lalu air panas dituangkan kedalam wadah metal yang sudah ada bubuk kopinya, selanjutnya air menetes dari metal yang berfungsi sebagai saringan ke dalam gelas dibawanya.

Sejatinya sama saja dengan kopi disaring, hanya saja media untuk menyaringnya berbeda.

Diperlukan level grinding/giling tertentu yang sesuai agar air yang menetes bisa dapat menghasilkan rasa yang pas dan tidak membuat saringan buntu, jika kopi digrinding terlalu halus, sebaliknya jika terlalu kasar, maka air akan cepat mengucur dan tentunya rasa kopi hambar.
Kopi Bubuk Dengan Saringan Vietnam Drip (Photo by mada/cepamagz)
Kopi Bubuk Dengan Saringan Vietnam Drip (Photo by mada/cepamagz)

 Vietnam sendiri adalah salah satu penghasil kopi terbesar didunia dengan jenis kopi robusta, karena memang cukup tersedia area dibawah 1000 dpl yang memungkinkan menghasilkan jenis kopi robusta yang mempunyai karakter lebih pahit dibanding jenis arabica yang cocok ditanam diketinggian 1000 dpl keatas.

Karena sebagai penghasil jenis robusta dan cukup banyak tersedia, maka wajar jika komsumsi masyarakat Vietnam adalah lebih banyak mengkonsumsi kopi jenis robusta yang mempunyai karaker lebih pahit dibanding jenis arabica, apalagi jika di roasting di level 15 atau 16 akan menghasilkan bubuk kopi yang lebih pahit lagi.
Pada kondisi tertentu untuk mengurangi rasa pahit, biasanya mereka menambah dengan susu kental manis, atau jika dalam kondisi dingin, kedai-kedai di Vietnam langsung menyediakan susu kental manis, es batu dan air seperti dicampur dengan sedikit biang teh, dan para pengunjung tinggal mencampurkannya sehingga bisa menikmatinya dalam kondisi dingin.

Di Negara asalnya, cukup banyak dijumpai mereka yang langsung meminum kopi saring ini tanpa diberi campuran apapun seperti halnya expresso, sementara bagi mereka yang tidak suka terlalu pahit maka ditambahan susu kental manis, begitu juga di kedai kedai kopi di hampir seluruh Indonesia, Vietnam drip secara otomatis disajikan dengan campuran susu kental manis, baik panas mau pun sajian dingin.

Nah, dimana letak hati-hatinya ….. ???

Susu kental manis mempunyai katakter asam, begitu juga dengan kopi pada umumnya mempunyai sifat asam, jenis arabica mempunyai kadar asam lebih tinggi dibanding jenis robusta. Selain itu pengaruh keasaman untuk jenis kopi yang sama dipengaruhi oleh proses roasting yang dilakukan.
Level roasting mempunyai tingkatan dari level 1 hingga 16, semakin kecil angkanya, maka semakin asam, kopi yang dihasilkan. Dan sebalikan semakin gosong atau ke angka level 16, maka akan semakin pahit.

Maka untuk menyajikan kopi dengan teknik penyajian Vietnam Drip, pastikan hanya kopi robusta dan level roastingp 15/16 untuk membuat Vietnam Drip. Jika anda menggunakan jenis arabica yang mempunyai karakter asam, maka seduhan dengan campuran susu kental manis akan membuat Vietnam Drip anda makin asam. Jika anda lupa mengisi perut lebih dulu, bisa jadi anda akan menyalahkan Vietnam Drip.

Makanya, hati-hati minum Vietnam Drip !!!!

Vietnam Drip. (Photo by mada/cepamagz)
Makanya, hati-hati minum Vietnam Drip. (Photo by mada/cepamagz)
Oleh : Bams Dins Cepa Kopi

Pastikan Anda Sudah Mengunduh Aplikasi cepamagz.com yang sudah tersedia di IOS dan Android

cepamagzcepamagz