Rahasia Kenikmatan Kopi Osing, Banyuwangi

0
799

Kopi Osing, kopi asal Banyuwangi, Jawa Timur. Sering disebut juga “ kopai “ oleh warga banyuwangi, mempunyai rasa unik dan berkualitas ekspor.

Kopi yang ditanamnya di lereng Gunung Ijen dan Raung sekitar Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, sudah diekspor ke mancanegara. Jika kita pergi ke Eropa dan minta disajikan Java Coffee, maka hampir dipastikan bahwa kopi itu berasal dari daerah sekitar Banyuwangi, Jawa Timur.Keunikan rasanya menjadikan Kopi Banyuwangi digemari di dunia.

Biji kopi Indonesia yang terkenal seringkali proses pembuatan, dari penanaman hingga menjadi biji kopi, belum dilakukan dengan benar. Namun pada kopi Osing Banyuwangi prosesnya sudah lebih baik dan tidak mencampur kualitas jenis kopi tersebut.

Citarasa khas kopi Osing Banyuwangi diuntungkan dua hal, perkebunan yang menghadap ke timur yang artinya mendapat sinar matahari yang lebih banyak , dan menghadap ke laut artinya kadar garamnya tinggi

Kunci kopi berkualitas hanya satu, adalah bibit kopi untuk ditanam benar-benar pilihan. Serta penanganan yang tepat mulai saat petik kopi harus benar-benar matang hingga proses memasak dengan cara menyangrai yang benar.

Satu lagi rahasianya adalah, dalam proses sangrai  tidak menggunakan peralatan canggih, melainkan menggunakan alat tradisional. Mereka nyangrai kopi menggunakan kayu bakar dan tungku yang terbuat dari tanah.